Berita: Phenomena Halo Matahari di Medan



Halo Matahari Medan
Sejumlah warga Kota Medan ramai-ramai keluar rumah untuk menyaksikan fenomena unik pada matahari, yakni saat matahari terlihat dikelilingi lingkaran atau cincin pelangi. Fenomena yang disebut halo tersebut, merupakan pemandangan langka di Medan.
“Saya belum pernah melihat matahari ada cincinnya begitu, cantik. Makanya keluar ramai-ramai. Tapi silau,” kata Raudhah (34) salah seorang warga Jl. Medan Tenggara VII, Medan, Senin (22/9/2008), yang menyaksikan fenomena halo itu bersama keluarganya.
Analis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Wilayah I di Medan, Rika Karyani menyatakan, fenomena halo yang terjadi hari ini, terlihat mulai sekitar pukul jam 11.00 WIB. Dikatakannya, halo merupakan fenomena alam biasa, tidak jauh berbeda seperti pelangi. Bedanya pelangi seolah berada di ujung cakrawala sehingga tidak terlihat utuh bulat. Sementara halo karena di atas maka terlihat bulat.
Terbentuknya efek halo itu karena ada kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada pada troposfer, lapisan terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi.
“Kalau siang hari, fenomena itu terlihat pada matahari, sementara pada malam hari bisa terlihat pada bulan,” kata Rika Karyani kepada detikcom di Medan.
Hingga pukul 12.50 WIB fenomena halo masih terlihat. Namun sebagian garis lingkaran sudah tertutup awan putih. Selain di Medan, beberapa daerah lain di Sumatera Utara yang dapat menyaksikan efek ini antara lain Deli Serdang dan Serdang Bedagai
Foto Rainbow Halo Around the Sun

Posted by putra galant on 05.15. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Berita: Phenomena Halo Matahari di Medan

Leave comment

dailyvid

FLICKR PHOTO STREAM

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign