penjajahan belanda di indonesia



Berapa lamakah Indonesia di jajah oleh Belanda ?. Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan sejumlah masyarakat Indonesia. Bahkan ketika aku masih duduk di bangku Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), hal ini pernah aku tanyakan kepada guru Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB). Ketika aku uraikan apakah dimulainya penjajahan Belanda dihitung sejak mendaratnya Cornelis de Houtman di Banten pada tahun 1596 atau berdirinya VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) pada tahun 1602, sang guru menjawab bahwa penjajahan Belanda di Indonesia dihitung sejak berdirinya VOC. Jawaban guru ini tidak membuat aku puas, sebab sepengetahuanku bahwa VOC hanya merupakan sebuah perserikatan dagang yang memonopoli pembelian rempah-rempah di Nusantara.

Saat aku kuliah tahun 1992 lalu, hal yang sama pernah kutanyakan pada Dosen Mata Kuliah Pancasila yang saat itu juga menerangkan bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Aku berargumen bahwa Indonesia tidak selama itu dijajah oleh Belanda. Andaikan dihitung sejak VOC dibentuk, maka yang dikuasai oleh Belanda saat itu hanyalah perdagangan. Sedangkan pendidikan dan politik (kerajaan) tetap diperbolehkan.

Sebelum jam mata kuliah ditutup, sang Dosen (saat ini sudah Almarhum) berpesan agar selesai mata kuliah aku jangan pulang dan harus bertemu dengan beliau di kantor. Aku sedikit gugup, tapi aku harus temui dan jelaskan kenapa aku bertahan atas keyakinanku bahwa Indonesia tidak pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun.

Setelah mengetuk pintu dan mengucapkan salam, aku dipersilahkan duduk oleh Pak Dosen. Sikapnya yang tenang dan senyumnya yang khas membuat aku tenang. “Kenapa kamu persoalkan masalah berapa lama Indonesia dijajah Belanda ?” katanya memulai pembicaraan.

Setelah menarik nafas, kemudian aku berkata : “Saya hanya tidak ingin anak bangsa ini dibodoh-bodohi oleh sejarah yang belum tentu kebenarannya. Diseluruh buku pelajaran sejarah ataupun Pendidikan Moral Pancasila selalu dituliskan bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun atau 3,5 abad tanpa pernah diuraikan sejak tahun berapa sampai tahun berapa penjajahan itu sebenarnya” kataku sambil memberikan ringkasan tahun-tahun masuknya Belanda ke Indonesia, berdirinya VOC, diserahkannya Indonesia kepada Inggris oleh Belanda, masuknya Jepang ke Indonesia dan lain-lain.

Posted by putra galant on 06.15. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for penjajahan belanda di indonesia

Leave comment

dailyvid

FLICKR PHOTO STREAM

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign